Ads - After Header

Apa yang Anda Tahu Tentang Facebook?

Elsa Permatasari

Facebook adalah salah satu situs media sosial dan teknologi terbesar di dunia. Didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004, Facebook telah berkembang menjadi platform yang digunakan oleh lebih dari 2 miliar orang setiap bulannya. Namun, ada banyak hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Facebook. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang akan membuat Anda terkejut.

Fakta Sejarah Facebook

  • Ide pertama Zuckerberg adalah situs yang memungkinkan pengguna membandingkan wajah orang lain dan memilih "siapa yang lebih cantik". Situs ini bernama Facemash dan segera ditutup oleh pihak Harvard karena dianggap melanggar privasi.
  • Ide kedua Zuckerberg adalah direktori online untuk mahasiswa Harvard. Dia menyebutnya "Thefacebook" dan memungkinkan pengguna mencari mahasiswa lain, melihat kelas yang mereka ambil, dan membuat jaringan sosial.
  • Tahun-tahun awal Facebook penuh dengan masalah hukum. Zuckerberg digugat oleh teman sekelasnya Divya Narendra, Cameron Winklevoss, dan Tyler Winklevoss karena diduga mencuri ide mereka. Pertarungan ini berlangsung selama empat tahun dan berakhir dengan Zuckerberg membayar $65 juta dan memberikan saham Facebook sebagai bagian dari penyelesaian.

Fakta Statistik Facebook

  • Facebook adalah situs web terpopuler ketiga di dunia, setelah Google dan YouTube.
  • 71% orang Amerika menggunakan Facebook, lebih banyak daripada Instagram (38%) dan Twitter (23%).
  • Wanita menggunakan Facebook lebih banyak daripada pria. Survei Pew Research Center menemukan bahwa 75% wanita menggunakan Facebook, dibandingkan dengan hanya 63% pria.
  • Generasi tua semakin tertarik dengan Facebook. Pada tahun 2015, 71% remaja Amerika ada di Facebook. Hari ini, angka ini turun menjadi 51%. Di sisi lain, penggunaan Facebook oleh Baby Boomer mencapai 60% pada tahun 2019.
  • Facebook sangat populer di daerah pedesaan. Tiga dari empat pengguna Facebook Amerika tinggal di kota. Tetapi ini tidak berarti Facebook tidak populer di daerah pedesaan. Faktanya, 66% orang dewasa Amerika di daerah pedesaan menggunakan Facebook. Ini diikuti oleh YouTube (64%) dan Pinterest (26%).
  • AS memiliki persentase audiens Facebook terendah di dunia. Hanya 10% pengguna Facebook yang berasal dari AS. India adalah negara dengan pengguna Facebook terbanyak, dengan 270 juta pengguna. Ini diikuti oleh Indonesia (140 juta), Brasil (130 juta), dan Meksiko (86 juta).
BACA JUGA  Cara Mengembalikan Facebook ke Versi Lama di BlackBerry

Fakta Lainnya Tentang Facebook

  • Pengguna Facebook telah mengunggah 250 miliar foto. Ini berarti 350 juta foto diunggah ke Facebook setiap harinya.
  • Siapa pun dapat membeli dan menjual online di Facebook Marketplace. Diperkenalkan pada 3 Oktober 2016, Facebook Marketplace menggabungkan e-commerce dengan media sosial. Pengguna harus berusia 18 tahun ke atas untuk membeli atau menjual di Facebook Marketplace. Marketplace menampilkan barang-barang yang dijual di dekat Anda. Dari sana, Anda dapat langsung mengirim pesan kepada penjual untuk transaksi.
  • Facebook tidak secara otomatis menandatangani Anda keluar. Anda dapat mematikan PC Anda di malam hari dan masih menemukan diri Anda masuk ke Facebook keesokan harinya. Namun, ada kasus di mana Facebook menandatangani Anda keluar. Misalnya, Facebook hanya mengizinkan Anda menggunakan satu perangkat untuk akun Anda. Jika Anda masuk ke Facebook di perangkat seluler Anda, itu akan menandatangani Anda keluar dari PC Anda. Sebaliknya juga sama, masuk ke Facebook di PC Anda akan menandatangani Anda keluar di perangkat seluler Anda. Untuk browser Firefox, salah satu fitur keamanan menandatangani Anda keluar setelah browser ditutup, atau ketika komputer Anda masuk ke mode tidur. Ini juga menandatangani Anda keluar jika Anda telah menutup situs web selama lebih dari 1 menit.
  • Facebook Marketplace memiliki peraturan ketat. Barang-barang ilegal seperti barang palsu, senjata, dan narkoba dilarang di Facebook Marketplace. Jika Anda merasa ditipu oleh penawaran di Facebook Marketplace, maka Anda memiliki opsi untuk melaporkannya ke manajemen.
  • Anda tidak perlu berteman dengan seseorang di Facebook untuk mengirim pesan kepada mereka. Tentu saja, mereka tidak akan muncul di daftar kontak Anda, jadi Anda harus pergi ke halaman profil mereka. Untuk melakukan itu, masukkan nama atau alamat email mereka di bilah pencarian di sudut kiri atas layar. Facebook kemudian akan menampilkan daftar orang yang cocok dengan yang Anda cari. Pilih yang Anda cari untuk pergi ke profil mereka. Klik ‘Pesan’ untuk memulai percakapan. Anda dapat membuka Messenger secara terpisah dari Facebook.
BACA JUGA  Bagaimana Agar Video YouTube Bisa Diputar Secara Otomatis di Facebook

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Elsa Permatasari

Elsa Permatasari adalah seorang penulis teknologi yang sangat bersemangat dan cemerlang. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, dia telah menulis ratusan artikel tentang teknologi untuk berbagai media online terkemuka. Dia terkenal dengan gaya penulisannya yang mudah dipahami dan cakap dalam menjelaskan konsep teknologi yang rumit. Selain menulis, Nadya juga sangat aktif di komunitas teknologi dan sering berpartisipasi dalam acara teknologi dan hackathon.

Leave a Comment

Ads - Before Footer