Ads - After Header

Mengapa Laptop ASUS X454Y Tidak Bisa Connect WiFi?

Gusti Darma Putra

Laptop ASUS X454Y adalah salah satu produk laptop yang populer di pasaran. Namun, beberapa pengguna laptop ini mengalami masalah tidak bisa connect WiFi. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa kemungkinan penyebab laptop ASUS X454Y tidak bisa connect WiFi, antara lain:

  • Fungsi wireless tidak aktif. Ini bisa terjadi karena pengguna tidak sengaja menekan tombol Fn+F2 yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi wireless. Untuk mengaktifkannya kembali, tekan tombol Fn+F2 lagi atau klik ikon WiFi di taskbar dan pastikan WiFi dihidupkan.
  • Driver wireless network adapter bermasalah. Driver adalah perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. Jika driver wireless network adapter rusak, tidak kompatibel, atau tidak terupdate, maka laptop tidak akan bisa mendeteksi atau terhubung dengan jaringan WiFi. Untuk memperbaikinya, buka Device Manager, klik kanan pada wireless network adapter, pilih Update driver, dan ikuti petunjuknya. Jika ada tanda seru kuning di wireless network adapter, itu berarti ada masalah dengan driver dan perlu diuninstall dan diinstall ulang.
  • Pengaturan IP address atau DNS server salah. IP address adalah nomor identitas yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. DNS server adalah layanan yang mengubah nama domain menjadi IP address. Jika pengaturan IP address atau DNS server salah, maka laptop tidak akan bisa berkomunikasi dengan router atau internet. Untuk memperbaikinya, buka Control Panel, pilih Network and Internet, pilih Network and Sharing Center, pilih Change Adapter Setting, klik kanan pada wireless connection, pilih Properties, pilih Internet Protocol Version 4, dan pastikan pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.
  • Jarak laptop terlalu jauh dari router atau ada halangan. Jarak dan halangan seperti dinding, pintu, atau perabotan dapat mempengaruhi kualitas sinyal WiFi. Jika laptop terlalu jauh dari router atau ada halangan, maka laptop akan sulit menangkap sinyal WiFi atau sinyal WiFi akan lemah. Untuk memperbaikinya, coba dekatkan laptop dengan router atau pindahkan ke tempat yang tidak ada halangan.
  • Router atau modem bermasalah. Router atau modem adalah perangkat yang menghubungkan laptop dengan internet. Jika router atau modem bermasalah, misalnya mati, rusak, atau tidak terhubung dengan kabel internet, maka laptop tidak akan bisa connect WiFi. Untuk memperbaikinya, coba restart router atau modem dengan cara cabut dan pasang kembali kabel listriknya, atau hubungi penyedia layanan internet untuk memeriksa kondisi router atau modem.
BACA JUGA  Mengapa Laptop ASUS Memiliki Dua Port USB?

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Gusti Darma Putra

Gusti Darma Putra adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Leave a Comment

Ads - Before Footer